Alternatif Bercocok Tanam yang Mudah dan Cepat: Hidroponik Sederhana

Gambar tanaman hidroponik

Mengacu pada kata hidroponik sendiri yang berarti air dan daya, memang kebanyakan orang akan menganggap bahwa sistim bercocok tanam ini sama sekali tidak membutuhkan tanah dan hanya melulu membutuhkan air. Pendapat ini tidaklah salah, juga tidak sepenuhnya betul. Tumbuhan yang dibudidayakan dengan teknik hidroponik ini amat tepat jika dikembangkan di berbagai daerah yang memiliki pasokan air minim.

Berbagai metode telah dikembangkan untuk mendalami teknik hidroponik ini, di antaranya adalah metode hidroponik yang meggunakan media seperti arang sekam, spons, rock wool, tanah liat dan masih banyak lagi.

Meski demikian, Anda yang baru saja akan memulai bercocok tanam hidroponik tidak perlu berkecil hati. Ada banyak metode maupun cara, yang tentunya amatlah mudah untuk Anda coba dan kembangkan sendiri. Bahan-bahan yang Anda butuhkan pun tidaklah sulit sama sekali, Anda dapat menggunakan peralatan yang sudah ada di sekitar Anda. Sebut saja di antaranya adalah ember plastik, botol air mineral, baskom, kantung plastik, aluminum foil dan lain-lain, mudah bukan?

Jenis-jenis tumbuhan yang bisa Anda coba terlebih dahulu pun bisa Anda sesuaikan dengan tingkat kesulitan yang ada, di antaranya adalah sawi, selada, kangkung, tomat, cabai dan lain sebagainya. Bibit tanaman hidroponik yang sudah disebutkan sebelumnya pun, Anda bisa mendapatkannya di berbagai online store, dengan harga yang amat murah.

Untuk perawatannya sendiri, memang sama sekali tidak lazim seperti Anda bercocok tanam dengan menggunakan media tanah di ladang, kebun atau sawah, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Yang paling perlu diperhatikan adalah lumut-lumut yang seringkali ikut tumbuh di media yang sudah Anda persiapkan. Hal ini dikarenakan tingkat kelembapan dan jumlah sinar matahari yang juga akan merangsang pertumbuhan lumut.

Juga jangan lupa untuk secara berkala memeriksa pertumbuhan si benih, terlebih jika Amda menggunakan media seperti rock wool. Yang jelas-jelas Anda harus perhatikan adalah media tersebut agar selalu basah dan lembap, juga jangan sampai media tersebut menjadi benar-benar kering.

Seperti telah disebutkan di atas, kalau ada banyak cara mudah bagi Anda yang baru saja akan memulai bercocok tanam dengan teknik hidroponik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah, tentunya amat sederhana, mudah, serta tidak perlu mengeluarkan uang banyak.

Hidroponik Sederhana


Tahap awal adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan yang akan diperlukan, di antaranya adalah:

  1. Gelas/botol air mineral bekas atau bisa juga jerigen minyak bekas.
  2. Media tanam berupa batu bata yang telah pecah, batu kerikil, arang sekam, atau pasir.
  3. Kain bekas (disarankan Anda menggunakan kain flanel, karena daya tahannya untuk kelembapan yang cukup baik)
  4. Nutrisi (Anda bisa beli di online store dengan harga murah).

Setelah Anda mengumpulkan semua bahan yang diperlukan, berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Melubangi bagian samping jerigen minyak bekas, disarankan agar cukup besar dengan membentuk persegi empat. Tidak perlu rapih, karena nantinya tokh akan tertutup oleh tanaman.
  2. Setelah berlubang dengan membentuk persegi empat, lalu Anda bisa melanjutkan melubangi kembali sisi bawah jerigen minyak bekas tersebut. Hal ini berfungsi sebagai aliran udara bagi si tanaman.
  3. Selanjutnya adalah mengisi jerigen minyak bekas yang telah berlubang tersebut dengan media tanam, yang sudah Anda pilih (bisa arang sekam, pasir, batu kerikil atau pecahan batu bata). Untuk saran tambahan, Anda sebaiknya memilih yang paling mudah Anda dapatkan, sebab media yang akan Anda gunakan tersebut sebagai pijakan atau tempat akar nantinya tumbuh sehingga tidak terjatuh atau ambruk.
  4. Menanam/menabur bibit ke media tanam, yang bisa Anda dapatkan di online store (kangkung, cabai, tomat, sawi atau selada adalah contoh tanaman yang bisa Anda coba sebagai permulaan).
  5. Mengisi jerigen minyak bekas yang sudah Anda tabur bibit tersebut dengan nutrisi hidroponik.
  6. Menaruh di tempat yang mendapat sinar matahari cukup dan tidak terkena hujan maupun angin.
  7. Selesai.

Baca juga: Metode dan aspek penting hidroponik

Apakah sudah seperti itu saja? Yes, mudah dan sederhana bukan? Anda sama sekali tidak membutuhkan bahan-bahan yang mahal untuk memulainya. Juga Anda sama sekali tidak memerlukan waktu banyak untuk perawatannya, cukup dengan memperhatikan dan membersihkan lumut nakal yang akan tumbuh juga dengan memberikannya air serta nutrisi yang cukup secara berkala. Untuk penempatannya sendiri, Anda bisa menaruhnya di berbagai sudut rumah Anda sehingga akan menambah nilai estetika di rumah Anda dan akan mengundang decak kagum ketika ada sahabat atau saudara datang bertandang.

Labels: Cara Menanam Dan Merawat Hidroponik, Media tanam hidroponik, Peralatan hidroponik

Thanks for reading Alternatif Bercocok Tanam yang Mudah dan Cepat: Hidroponik Sederhana. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Alternatif Bercocok Tanam yang Mudah dan Cepat: Hidroponik Sederhana"