Metode dan Aspek Penting dalam Penanaman Macam Macam Hidroponik

Metode dan Aspek Penting dalam Penanaman Macam Macam Hidroponik

Hidroponik kini selain menjadi alternatif utama bercocok tanam, juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Selain memang perawatan serta penanaman bibit yang mudah dan murah, akan tetapi juga bisa menjadi lahan bisnis baru. Seperti yang telah kita ketahui, berbagai macam hidroponik kini telah menjadi salah satu solusi terbaik dalam bercocok tanam dengan area yang kecil, serta kini sudah berubah menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan beberapa aspek penting yang mendukungnya.

Aspek Penting dalam Penanaman Hidroponik


1. Mudah dan Sederhana

Tidak seperti teknik bercocok tanam lainnya, teknik hidroponik ternyata amatlah sederhana. Dari sisi penyemaian bibit atau benih tanaman, perawatan, hingga menuai hasilnya pun amatlah mudah. Tentunya harus diimbangi dengan pemilihan benih tanaman yang sesuai dengan tingkat kesulitan dan media tanamnya sendiri.

2. Murah dan Gampang

Ketika kita akan memulai bercocok tanam hidroponik, Anda ternyata tidak lagi membutuhkan biaya awal atau modal dalam jumlah besar. Bahkan sebaliknya, Anda bisa memulainya dengan modal yang cukup minim dan mendapatkan hampir keseluruhan bahan-bahan yang diperlukan dari sekeliling Anda tanpa perlu repot mencarinya.

3. Area Tanam Minimalis

Anda tidak perlu memiliki lahan super luas dan besar untuk mencoba hidroponik, bahkan Anda bisa memulainya di pekarangan rumah Anda atau bahkan di ruang tamu Anda sendiri.

4. Ramah Lingkungan

Nyaris mirip seperti telah disebut di poin nomor 2, Anda bisa mendapatkan hampir keseluruhan bahan-bahan yang diperlukan tanpa perlu bersusah-payah dan bahkan dari bahan-bahan dari daur ulang atau bekas. Seperti botol air mineral bekas, jerigen minyak bekas, kain bekas (diutamakan kain flanel), sisa atau bekas serutan kayu, sabut kelapa, pasir, batu kerikil dan masih banyak lagi.

5. Waktu Perawatan Minim

Dikarenakan area lahan yang kecil, maka Anda tidak perlu lagi memakan waktu banyak ketika merawat hidroponik. Bahkan Anda bisa melakukannya di waktu senggang sambil bercanda dengan keluarga.

6. Obat Penghilang Stress

Setelah penat seharian di kantor lalu macet di jalanan, Anda bisa melepas itu semua dengan menikmati ketenangan di kebun kecil hidroponik di rumah.

7. Agrobisnis

Semakin banyak pilihan bahan makanan yang tersedia, maka makin banyak pula lahan bisnis yang bisa dicoba, salah satunya adalah hidroponik sendiri. Salah satu keuntungan hidroponik adalah harga jualnya yang cukup tinggi dikarenakan hasil akhirnya yang organik dan jauh lebih bersih dibanding hasil tanam konvensional.

Teknik Penanaman Untuk Berbagai Macam Hidroponik


1. Dripping atau Tetes

Model yang biasa disebut dengan Irigasi Tetes ini memang paling banyak penggemarnya, dikarenakan sederhana, mudah dan amat bersahabat bagi para pemula. Metode model ini paling sering dipergunakan untuk tanaman buah dan sayuran, dengan menggunakan media arang sekam, pasir atau batu kerikil yang sudah terlebih dahulu dibersihkan.

Baca juga: Ini dia Nutrisi penting tanaman hidroponik

Metode ini memiliki beberapa kelebihan: hemat air, mudah dan murah. Meski demikian metode ini juga mempunyai kelemahan seperti asupan oksigen yang minim jika tidak diakali

2. Wick System

Selain metode model Irigasi Tetes, Wick System juga menjadi salah satu yang disukai para beginner atau pemula. Selain mudah, caranya pun amat sederhana. Sama halnya dengan metode lainnya.

Wick System pun memiliki kelemahan seperti perawatan serta pengecekan yang harus lah berkala, agar nutrisi yang diberikan mudah diserap tanaman juga sirkulasi oksigen yang memadai.

3. WCS (Water Culture System)

Metode ini merupakan salah satu cara yang unik di antara metode hidroponik lainnya. Cukup dengan menggunakan styrofoam sebagai media tanamnya dan lalu menaruhnya di atas bak atau aquarium berisi air. Ketika tumbuh besar, akar tanaman akan menggantung sedemikian rupa sehingga akan sangat cocok jika ditempatkan di halaman atau bahkan di ruang tamu Anda.

Meski amat cocok untuk berbagai jenis tanaman berdurasi pendek seperti sawi dan kangkung, metode ini pun memiliki kelemahannya. Sama sekali tidak berfungsi dengan baik untuk tanaman yang memiliki durasi cukup lama.

4. Aeroponic System

Merupakan salah satu cara paling efektif untuk hasil yang maksimal. Pun sesuai dengan namanya sendiri, adalah cara bercocok tanam hidroponik di udara. Kebutuhan akan nutrisi akan dipenuhi dengan cara menyemprot langsung pada bagian akarnya, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan hasil maksimal. Kelemahan dari metode ini adalah pada perawatan yang haruslah berkala dan teratur.

5. NFT (Nutrient Film Technique)

Tidak perlu cemas ketika membaca nama metodenya yang mungkin dirasa rumit, bahkan cara ini merupakan salah satu metode yang paling populer penggunaanya. Akar tanaman akan dibiarkan tumbuh pada sebuah lapisan dangkal yang secara terus menerus akan diberikan nutrisi. Biasanya lapisan tersebut terbuat dari polythylene. Area akar dalam larutan yang tersikulasi nutrisi secara teratur tersebut akan tumbuh dengan baik.

Baca juga: Begini tips menanam Melon dengan metode hidroponik

Meski masih banyak metode-metode hidroponik, beberapa cara di atas merupakan cara yang cukup populer penggunaan serta dirasa amat sederhana bagi Anda yang baru akan memulai mencoba bercocok tanam berbagai macam hidroponik. Selamat mencoba!

Labels: Cara Menanam Dan Merawat Hidroponik, Media tanam hidroponik, Nutrisi hidroponik, Peralatan hidroponik

Thanks for reading Metode dan Aspek Penting dalam Penanaman Macam Macam Hidroponik. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Metode dan Aspek Penting dalam Penanaman Macam Macam Hidroponik"